Sabtu, 06 Agustus 2011

Perangkat Keras Jaringan- Switch

Switch
Merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tijuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan.
Dengan Swith terdapat beberapa kelebihan karena semua segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh. Tidak terbagi seperti share network pada penggunaan Hub.  
Sebenarnya Switch hampir sama dengan Hub. Perbedaan antara Switch dan Hub adalah :
  • Kecepatan akses Switch lebih besar dibanding Hub. Contohnya, apabila kecepatan Switch dengan akses 100 Mbps maka keluaran akses tersebut tetap atau sama dengan 100 Mbps. Sementara pada Hub apabila terdapat empat buah client yang sama, maka kecepatan aksesnya terpecah menjadi empat, tidak tetap seperti switch.
  • Switch hanya mentransfer data yang diterimanya, kemudian meneruskan hanya pada port yang dituju saja. Adapun Hub meneruskan data yang masuk pada semua port yang dimilikinya.









Karena menawarkan kinerja transfer dan akses data yang lebih baik, beberapa pemakai lebih senang menggunakan switch dari pada hub.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar